Kalau sudah ada cara praktis mengecilkan perut dan terbukti berhasil, sudah waktunya Anda meninggalkan metode ribet, memakan waktu dan memakan banyak biaya. Disebut cara praktis, artinya Anda pasti bisa melakukannya. Hanya perlu konsistensi dan kemauan yang keras.

Apa tips praktisnya? Berikut 5 langkah praktis mengecilkan perut Anda.

cara praktis mengecilkan perut

Foto dari pixabay.com

1. Jauhi Makanan Berpemanis Buatan dan Gula

Berhati-hatilah makan yang manis-manis, khususnya yang pemanis buatan dan gula. Keduanya akan membuat perut Anda semakin buncit karena konsumsi gula berlebih akan ditimbun di dalam hati. Akibatnya, timbunan ini akan menjadi lemak dan terlihat pada perut Anda. Jadi, agar perut Anda mengecil, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menjauhi makanan manis  termasuk pemanis yang digunakan dalam pembuatan minuman kemasan.

Tidak hanya gula, Anda juga harus mengontrol semua makanan yang Anda makan khususnya yang mengandung banyak kalori. Kalori tetap dibutuhkan, tapi secukupnya saja.

2. Latihan  Aerobik

Selain kontrol makanan, Anda juga harus giat membakar lemak yang sudah terlanjur tertimbun pada perut. Nah, cara praktis mengecilkan perut yang kedua adalah latihan aerobik. Kegiatannya biasa bermacam-macam, bisa lari, jogging, berenang, dll. Latihan-latihan tersebut sudah terbukti ampuh mengecilkan perut dengan cepat.

Tidak hanya itu, aerobik ternyata juga bagus untuk kesehatan secara umum seperti menjaga kadar gula darah, memperlancar metabolisme, dan mengurangi inflamasi.

3. Perbanyak Asupan Protein

Kenapa harus protein? Nah, menurut sebuah studi yang dilakukan di Denmark beberapa waktu lalu, protein mampu mencegah penumpukan lemak pada perut dalam periode lima tahun. Jadi, kalau ingin leingkar perut Anda mengecil secara signifikan, gantilah menu makan Anda dengan sumber makanan yang kaya akan protein.

Sebuah cara praktis mengecilkan perut, karena protein akan membuat Anda mampu menahan ngemil sampai 60%. Proses metabolisme pun menjadi lancar(80-100 kalori). Sehingga kebutuhan kalori kita akan 400 kalori lebih sedikit ketimbang makan dengan asupan protein lebih sedikit.

4. Kurangi Asupan Karbohidrat

Nah, setelah Anda memperbanyak asupan protein, di waktu yang sama Anda juga harus mengurangi asupan karbohidrat. Karbohidrat memang dibutuhkan karena merupakan sumber kalori, tapi efek negatifnya adalah membuat nafsu makan tinggi. Akibatnya, perut bukannya semakin langsing malah menjadi semakin buncit.

Kenyataan ini tidak sekedar teori karena berdasarkan percobaan yang telah dilakukan lebih dari 20 kali. Jadi, berdasar hasil percobaan tersebut, jika Anda mampu mengurangi atau makan makanan mengandung rendah karbohidrat, Anda bisa menurunkan berat badan hingga 2-3 kali lebih cepat. Kita akan melihat bagaimana perut menjadi langsing lebih cepat.

Selain manfaat di atas, menu rendah karbohidrat juga baik untuk mengurangi berat air di dalam tubuh Anda. Hasilnya, Anda bisa melihat perut Anda akan tampak langsing dan rata hanya dalam waktu beberapa hari.

5. Perbanyak Serat

Cara praktis mengecilkan perut yang terakhir adalah dengan memperbanyak serat. Tapi, ternyata ada banyak macam serat, hanya serat yang memiliki kekentalan tertentu saja yang paling baik untuk mengecilkan perut.

Bagi yang belum mengerti fungsi serat, sebenarnya serat ini sifatnya tidak bisa dicerna. Serat membentuk gel di dalam perut sehingga bisa memperlambat proses pencernaan. Itulah sebabnya kita akan merasa kenyang lebih lama dengan asupan serat yang banyak.

Hanya saja, karena tingkat kekentalan gel bermacam-macam pada makanan yang kaya serat, kita harus memilih yang paling tinggi level kekentalannya. Dengan begitu, gel ini akan mampu lebih banyak mengikat air dan bertahan lebih lama di dalam perut. Jika nafsu makan bisa ditekan karena serat ini, maka lemak pada perut akan terkikis. Perut langsing dan rata bisa kita lihat dalam waktu singkat.

Nah, itulah beberapa metode paling mudah diterapkan. Dengan konsistensi, hasilnya akan nampak, perut menjadi langsing dan rata dengan menerapkan cara praktis mengecilkan perut.

Artikel Terkait:

Inilah 3 Cara Diet untuk Menurunkan Berat Badan de... Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan setiap orang. Bukan sekadar untuk menjaga penampilan, tapi juga demi kesehatan. Sayangnya, tidak sem...
Cara Efektif Mengatasi Perut Buncit Bagi kebanyakan orang, mengecilkan ukuran perut yang kian membuncit ialah suatu perjuangan yang sangat keras. Walaupun ketika ditimbang, berat badan t...
Ketahui 8 Makanan Enak yang Dapat Membantu Anda Me... Memiliki perut yang lebih tinggi dari dada alias buncit memang terkadang membawa kesulitan tersendiri. Sulit mencari baju yang cocok, sulit mencari ce...