Sekilas Anda masih bertanya tentang benarkah teh hijau bisa menurunkan berat badan? Seberapa ampuhkah minuman tersebut sehingga banyak orang mulai memanfaatkannya?

Bukan rahasia jika teh hijau saat ini populer sebagai obat mujarab untuk berbagai masalah kesehatan semisal penyakit jantung. Tidak terkecuali untuk hal pembakaran lemak.

Terbukti dengan banyaknya produk yang telah dirilis di pasaran. Menariknya banyak produk yang dilabeli khusus berbahan teh tersebut. Contohnya adalah green tea slim, atau green tea fat burner.

benarkah teh hijau bisa menurunkan berat badan

Foto dari pexels.com

Produk-produk ini dimaksudkan sebagai bahan alami untuk pembakaran lemak. Dan faktanya, produk ini laris di pasaran dengan nilai jual mencapai US$140 juta di tahun 2015 kemarin. Hal ini didasarkan pada laporan yang dilansir di laman Nutrition Business Journal.

Menariknya lagi, teh hijau baik yang diseduh sendiri daunnya ataupun menggunakan campuran bubuknya dengan air panas menjadi minuman terlaris kedua setelah air putih.

Pertanyaannya sekaran apakah benar teh hijau tersebut benar-benar bagus untuk kesehatan dan penurunan berat badan? Untuk mengetahui kebenaran klaim ini, mari temukan jawabannya di bawah ini!

Kajian Tentang Hubungan Teh Hijau Dengan Penurunan Berat Badan

Mengenai benar tidaknya teh hijau dapat menurunkan berat badan bisa dilihat dari jawaban dari Dr. PH David Nieman (direktur laboratorium kinerja manusia di Appalachian State University di Boone) ini.

Beliau mengatakan kalau teh hijau bisa meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Dan sebagai hasilnya adalah terjadinya sebuah pembakaran kalori jauh lebih banyak di dalam tubuh.

Pembakaran kalori ini terjadi akibat kombinasi melimpah dari kafein dan catechin antioksidan yang ada di dalam green tea ini.

Dan senyawa ini cukup besar bila dibandingkan dengan yang ditemukan di dalam bahan lain. Contohnya adalah cokelat hitam yang menjadi bahan alami penurun berat badan.

Namun harus diingat, minum green tea ini juga tidak akan langsung mengurangi lemak secara drastis. Walaupun dikonsumsi dengan dosis besar sekalipun, efeknya juga minimal. Setidaknya inilah yang dikatakan oleh Nieman.

Sebuah penelitian lain dilakukan untuk mengetahui kemampuan dari teh hijau ini. Yakni yang diterbitkan oleh jurnal clinical nutrition tahun 2016 kemarin.

Penelitian tersebut menunjukkan sejumlah wanita gemuk yang mengambil dosis harian 1350 gram dari esktrak teh hijau dalam bentuk suplemen yang setara dengan 15 cangkir teh atau plasebo selama 12 minggu.

Hasil darinya, peminum teh mengalami penurunan kurang lebih 1,1 kg. Sementara yang memanfaatkan plasebo turun 1,9 kg.

Perhatian Khusus Untuk Yang Tertarik Memanfaatkan Teh Hijau

Dilihat dari hasil temuan di atas, teh hijau ini memang bisa menjadi langkah bagus untuk melangsingkan tubuh. Hanya saja, Anda sebaiknya tidak memanfaatkannya di luar batas.

Mungkin karena adanya khasiat tersebut, Anda malah tergerak untuk mencobanya dengan dosis yang besar. Itu berbahaya.

Hasil temuan para ahli dalam sejumlah penelitian malah menyebutkan kalau ada kerusakan hati serius pada peminum teh hijau. Khususnya yang memanfaatkannya dalam bentuk suplemen.

Kata Jay H. Hoofnagle, MD (direktur cabang penelitian penyakit liver di National Institutes of Health di Bethesda) “tingkat konsumsi mungkin berbatasan dengan kisaran racun.”

Ini menunjukkan kalau kemungkinannya jika pemanfaatan teh hijau secara berlebihan malah akan berpotensi menjadi racun di dalam tubuh. Salah satunya tentu datang dari suplemen yang diekstrak langsung dari teh hijau ini. Jadi, ada baiknya jika tidak dikonsumsi.

Namun buat yang mau memanfaatkannya untuk menurunkan berat badan, menyeduhnya beberapa cangkir tentunya juga tidak menjadi masalah.

Seperti halnya kopi, teh hijau bisa memberikan dorongan ringan di dalam tubuh. Dan akan terbebas dari kalori ketika Anda tidak menambahkannya dengan gula.

Dengan kata lain, Anda tetap boleh mengkonsumsinya. Dan batasan aman untuk konsumsi teh hijau adalah 40 ons atau setara 3-5 cangkir di tiap harinya.

Jadi, jawaban dari benarkah teh hijau bisa menurunkan berat badan adalah benar. Hanya saja, peminum tidak diperkenankan untuk konsumsi secara berlebihan.

Artikel Terkait:

Obat Herbal Ejakulasi Dini Tanpa Efek Samping Obat herbal ejakulasi dini Truson HPAI adalah obat herbal aman dari gabungan beberapa bahan tumbuhan herbal yang akan memberikan efek meningkatkan sta...
Minyak Herba Sinergi HPA Indonesia Minyak Herba Sinergi mengandung ramuan lebih dari 100 jenis herbal, termasuklah di dalamnya jenis tumbuhan yang biasa digunakan oleh burung But-But un...
Penambah Nafsu Makan Anak Dari Ekstrak 23 Buah dan... Penambah nafsu makan anak Extra Food HPA (formulator Extra Fruit) adalah makanan kesehatan herbal alami tradisional dalam sebuah minuman dengan kompos...