Jika Anda merasa bingung bagaimana cara melakukan diet detox dengan baik, sebaiknya Anda membaca ulasan berikut ini. Dalam ulasan ini akan dibahas mengenai bagaimana cara melakukan diet detox yang baik dan juga tetap sasaran.

Seperti diketahui bersama, detox digunakan untuk membersihkan berbagai macam racun, atau endapan berbagai macam zat yang tidak berguna di dalam tubuh. Anda mungkin tidak menyadari, aneka makanan atau minuman yang dikonsumsi mengandung berbagai macam bahan yang tidak dibutuhkan tubuh. Jika hal ini terus dibiarkan, akibatnya menggangu kinerja organ yang diendapinya.

cara melakukan diet detox

Foto dari pexels.com

Untuk menghilangkan endapan zat tidak beguna tersebut, Anda harus melakukan detox tubuh atau istilah lainnya detoxifikasi. Caranya :

1. Mengkonsumsi makanan tinggi serat

Ketika Anda melakukan detox, sebaiknya konsumsi makanan yang tinggi akan serat, seperti aneka buah-buahan dan sayuran. Serat yang terdapat dalam buah dan sayur ini mempunyai banyak sekali manfaat.

Adapun manfaat yang akan diperoleh seperti, dapat mengikat berbagai macam kelebihan lemak di dalam tubuh; dapat membantu menghilangkan berbagai macam kotoran, zat tidak terpakai dan juga racun did alam tubuh; membantu kinerja sistem pencernaan. Juga dapat mengikat kandungan air, membuat kenyang lebih lama, dan meremajakan kulit.

Untuk mengkonsumsi buah dan sayur ini tidak sulit. Khusus untuk sayur, Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk sayur yang sudah matang atau beberapa jenis sayuran tertentu seperti brokoli, dapat Anda  direbus.

Sedangkan buah-buahan, Anda dapat mengkonsumsi secara langsung atau dalam bentuk jus. Anda juga dapat menggabungkan 1 atau 2 jenis buah-buahan tertentu, seperti apel dan pir, jeruk dan grapefriut, appel dan semangka, strawberry dan semangka, dll.

2. Mengkonsumsi air mineral

Untuk membantu mengeluarkan toksin di dalam tubuh, Anda juga perlu mengkonsumsi air mineral dalam jumlah banyak. Misalnya 2 liter setiap hari. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi air mineral ketika Anda bangun tidur dan sebelum tidur.  Ini adalah waktu terbaik untuk membersihkan usus, dan bagian lainnya dari toksin yang mengendap di dalam tubuh.

3. Mengkonsumsi air kelapa

Minuman lainnya yang dapat Anda konsumsi ketika sedang melakukan program detox adalah air kelapa. Air kelapa ini mempunyai banyak sekali nutrisi.

Mengkonsumsi 1 butir air kelapa akan membuat perut terasa kenyang. Hal ini disebabkan, karena kandungan serat, vitamin dan lainnya cukup membuat perut terisi penuh. Selain itu nutrisi yang ada pada air kelapa ini mudah dicerna dan mudah larut di dalam tubuh. Ini yang membuat tubuh menjadi kembali segar, dan berenergi.

Yang perlu Anda ketahui ada beberapa kandungan yang ada dalam air kelapa ini, mampu menetralisir berbagai jenis racun, kemudian membuangnya bersama sisa pencenaan atau melalui air seni. Ini yang membuat air  kelapa selalu disarankan ketika seseorang ingin melakukan program detox.

4. Melakukan olahraga secara rutin

Melakukan olahraga secara rutin juga akan membantu Anda dalam mengatasi dan menghilangkan endapan toksin di dalam tubuh. Olahraga yang pas untuk menghilangkan toksin ini adalah olahraga yang mengandung lompatan, seperti skipping.

Olahraga seperti ini secara tidak langsung akan mengocok tubuh Anda, dan membuat edapan toksin yang ada di dalam tubuh ikut terkocok, bahkan beberapa endapan akan keluar sedikit demi sedikit. Sedangkan endapan yang ada di kulit akan keluar bersama keringat.

Apabila Anda melakukan program diet detox seperti ini, selain memperhatikan cara melakukan diet detox, Anda juga perlu mengkombinasikannya dengan menghindari berberapa makanan dan minuman tertentu, seperti makanan junk food, minuman bersoda, makanan yang mengandung santan, makanan yang mengandung kalori tinggi, dan juga minuman beralkohol.

Artikel Terkait:

Program Penurunan Berat Badan Seminggu dalam Selem... Foto dari pixabay.com Dari tulisan yang saya buat sebelumnya, saya mendapatkan ide. Bagaimana caranya agar semua aspek yang saya ulas itu bisa ter...
Godaan Saat Berbuka Puasa Sejatinya, bulan ramadhan ini bisa dijadikan saat yang tepat untuk menurunkan berat badan. Asal niatnya jangan sampai salah ya. Puasa tetap dilakukan ...
Minggu Pertama: Berhasil Menurunkan Berat Badan 1,... Minggu pertama ini penuh tantangan, khususnya di malam hari. Tidak heran minggu pertama ini ada beberapa malam yang tidak sesuai rencana. Ya namany...