BMI atau Body Mass Index seringkali menjadi acuan apakah tubuh kita memiliki berat badan ideal atau tidak, sehingga kita harus tahu bagaimana cara menghitung BMI kita. Kedengarannya sepele untuk masalah berat badan ideal, tapi tahukan Anda bahwa berat badan ideal membantu Anda terhindar dari penyakit kronis?

Berat badan ideal adalah lawan dari obesitas. Nah, jika berat badan tidak sesuai BMI atau Indeks Massa Tubuh (IMS), maka berat badan menjadi berlebih (obesitas). Risiko terkena penyakit seperti hipertensi, diabetes, serangan jantung dan kolesterol menjadi semakin besar. Bahkan, hanya karena tidak sesuai BMI, tidur pun menjadi tidak nyenyak (sleep apnea).

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui BMI kita sehingga berat badan selalu terkontrol normal. Lalu, bagaimana caranya? Nah, tidak perlu alat atau rumus yang sulit. Metodenya simpel dan mudah dilakukan siapapun.

cara menghitung bmi

Foto dari pixabay.com

Cara Menghitung BMI Normal Pada Laki-Laki dan Perempuan

Sebenarnya, Anda bisa menggunakan kalkulator online yang tersedia dan bisa digunakan secara gratis. Namun, alangkah baiknya jika kita bisa menghitungnya secara manual. Departemen Kesehatan RI memiliki rumus tersendiri untuk mengetahui berat badan kita ideal atau tidak. Nah, untuk menghitungnya, pastikan Anda tahu berapa berat badan dan tinggi badan Anda.

Rumus menghitung Body Mass Index adalah sebagai berikut:

BMI = Berat Badan / (Tinggi badan x Tinggi Badan)

Satuan yang digunakan adalah satuan internasional, sehingga berat badan harus dalam kilogram (kg) dan tinggi badan dalam meter (m).

Lalu, bagaimana contoh perhitungannya? Berikut ini akan diberikan contoh cara menghitungnya.

Praktek Cara Menghitung BMI Seseorang

Contoh 1

Dono adalah pekerja kantoran. Dia memiliki tinggi badan 175 cm (1,75 m) dan berat badannya 70 kg. Berapa BMI-nya dan apakah berat badannya ideal atau tidak?

Caranya, masukkan angka-angka tersebut ke dalam rumus.

BMI       = 70 kg/1.75 x 1.75

= 70/3.0625

= 22.86

Contoh 2

Dini adalah seorang ibu rumah tangga. Dia memiliki berat badan 70 kg dengan berat badan 160 cm. Berapa BMI-nya?

BMI       = 70 kg/ 1.6 x 1.6

= 70/ 2.56

= 27.34

Bagaimana kita tahu bahwa berat badan Dono dan Dini tersebut ideal atau mengalami obesitas? Kita bisa melihat pada kategori BMI.

Kategori BMI untuk Menghitung BMI Berat Badan

Pada sub judul pertama, dibedakan antara menghitung BMI pada laki-laki dan perempuan. Hal itu dikarenakan bahwa kategori BMI untuk laki-laki dan perempuan juga berbedan. Kalau kita melihat contoh di atas, sudah dibedakan jenis kelaminnya.

Berikut kategorinya:

Kategori BMI untuk Laki-laki

Kurang dari 17                           kurus

Antara 17 – 23                           normal

Antara 23 – 27                           kegemukan

Lebih dari 27                             obesitas

Kategori BMI untuk Perempuan

Kurang dari 18                           kurus

Antara 18 – 25                           normal

Antara 25 – 27                           kegemukan

Lebih dari 27                             obesitas

Nah, kalau kita melihat dua contoh di atas, kita bisa mengetahui apakah berat badan Dono dan Dini sudah ideal atau belum. BMI milik Dono adalah 22.86 atau bisa dibulatkan 23, maka bisa dikategorikan normal. Berarti, berat badan Dono sudah ideal. BMI miliki Dini adalah 27.37 berarti lebih dari 27, maka bisa dikategorikan obesitas.

Aplikasikan pada diri Anda sekarang, Ketahui berat badan Anda dan tinggi badan Anda. Gunakan rumus tersebut secara manual, kemudian lihat kategori BMI sesuai jenis kelamin Anda, maka Anda akan tahu apakah berat badan Anda sudah ideal, terlalu kurus, kegemukan atau obesitas.

Itulah cara menghitung BMI dengan mudah hanya dengan rumus sederhana, dan ketahui BMI Anda sekarang demi kesehatan Anda.

Artikel Terkait:

Minyak Herba Sinergi HPA Indonesia Minyak Herba Sinergi mengandung ramuan lebih dari 100 jenis herbal, termasuklah di dalamnya jenis tumbuhan yang biasa digunakan oleh burung But-But un...
Obat Herbal Ejakulasi Dini Tanpa Efek Samping Obat herbal ejakulasi dini Truson HPAI adalah obat herbal aman dari gabungan beberapa bahan tumbuhan herbal yang akan memberikan efek meningkatkan sta...
Penambah Nafsu Makan Anak Dari Ekstrak 23 Buah dan... Penambah nafsu makan anak Extra Food HPA (formulator Extra Fruit) adalah makanan kesehatan herbal alami tradisional dalam sebuah minuman dengan kompos...