Mungkin ada di antara pembaca yang bertanya-tanya, saya sudah lari pagi kok berat saya tidak turun-turun juga. Padahal, kata orang, lari pagi salah satu aktivitas yang efektif untuk menurunkan badan. Jika Anda mengalami ini, mungkin ada yang salah dengan cara Anda melakukannya.

Vemale.com melansir cara lari pagi yang efektif untuk menurunkan berat badan. Berikut ulasannya.

Pakai sepatu lari

Mungkin Anda melakukan lari pagi seperti yang sering saya lakukan, sekenanya saja. Begitu bangun ketemunya sandal, ya larinya pakai sandal. Kalaupun pakai sepatu, ya sepatu apa saja yang ada. Hasilnya, kaki terasa sakit karena tidak menapak dengan benar. Padahal, memang ada sepatu khusus untuk lari.

Sepatu lari memang dirancang khusus, sehingga saat lari terasa nyaman di kaki. Alasnya dirancang khusus agar tidak melukai kaki dan mencegah terjadinya cidera.

Pilih pakaian dengan tepat

Untuk lari, pilihkan pakaian yang dapat menyerap keringat. Buat diri Anda merasa nyaman dan tidak kegerahan saat berlari, agar besoknya tidak merasa kapok untuk lari pagi.

Tapakan kaki yang benar

Lakukan tapakan kaki yang benar saat lari agar tidak cepat merasa capek. Posisi kaki yang tidak mudah membuat lelah adalah setengah berjinjit. Jangan menapakkan seluruh kaki Anda di tanah, gunakan ujung kaki saja.

Atur napas Anda

Agar tidak cepat lelah, aturlah pernafasan Anda. Gunakan hidung untuk menarik dan membuang nafas. Tutup mulut rapat-rapat sehingga Anda bisa merasakan keluar masuknya udara lewat hidung. Dengan begini, Anda pun melatih pernafasan dan jantung Anda.

Lakukan minimal 45 menit

Durasi itu penting jika benar-benar ingin merasakan manfaat dari lari terhadap penurunan berat Anda. Jika hanya lari 5 – 10 menit saja, bisa dikatakan tidak akan membawa dampak apa-apa. Untuk mendapatkan pembakaran kalori yang optimal, lakukan secara konstan paling tidak 45 menit.

Bagian tubuh yang paling cepat merasakan dampak dari lari adalah bagian yang mudah gemuk. Coba periksa setelah melakukan lari 3 – 4 kali. Pengalaman saya, setelah rajin jogging beberapa hari, yang berkurang adalah lemak di perut. Coba ukur lingkarnya sebelum dan setelah beberapa hari.

Pendinginan

Sebelum berhenti, lakukan jalan selama 5 – 10 menit dan jangan langsung duduk atau bersila. Minumlah air putih untuk mengganti keringat yang keluar selama Anda lari.

Nah, demikianlah cara lari yang benar dan efektif untuk menurunkan berat badan. Silakan Anda coba untuk mendapatkan pembakaran kalori yang murah dan mudah.

Artikel Terkait:

5 Pekerjaan Rumah yang Bisa Menurunkan Berat Badan... Setiap wanita pasti mendambakan tubuh yang langsing dan ramping. Dan faktanya, cara tercepat dan terampuh untuk bisa menurunkan berat badan adalah han...
Bisakah Teh Hijau Menurunkan Berat Badan? Foto : programming4.us Meskipun tidak ada catatan resmi sejak kapan teh hijau mulai dikonsumsi manusia, namun diyakini bahwa teh ini telah dibudid...
Ingin Langsing Harus Anti Lima Hal Ini Foto : sattva / FreeDigitalPhotos.net Langsing boleh jadi idola tapi harus sadar bahwa tidak mudah dalam memperolehnya. Tubuh ideal merupakan hasi...