Penumpukan lemak di perut memang mengganggu. Bukan hanya penampilan saja, lebih dari itu adalah potensi gangguan kesehatan di baliknya.

Lemak di perut biasanya dikenal dengan nama lemak visceral. Lemak jenis ini bisa meningkatkan resiko timbulnya masalah kesehatan, seperti diabetes tipe 2, serangan jantung, ataupun stroke.

Meskipun terbilang susah untuk menghilangkannya jika sudah terlanjur menumpuk. Berikut ini 15 cara mengurangi lemak di perut yang bisa Anda praktekkan.

cara menghilangkan lemak perut 2

1. Jangan lewatkan sarapan

Melewatkan sarapan sama saja dengan memperbesar kemungkinan penambahan berat badan karena Anda akan balas dendam saat makan siang.

Sebuah penelitian dalam American Journal of Epidomiology membuktikan hal ini. Riset yang melibatkan 499 partisipan tersebut menunjukkan orang yang tidak sarapan pagi lebih rentan terkena penyakit kelebihan berat badan. Kemungkinan orang tersebut terkena obesitas ialah 4,5 kali lebih besar.

Meski begitu, Anda tetap harus menjaga porsi sarapan sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Porsi yang terlalu banyak membuat diet Anda sia-sia. Penting untuk menghindari makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi.

2. Makan makanan rendah kalori

Kalau ingin mengurangi lemak di perut, jangan sampai tidak makan. Tidak makan tentu saja akan membuat tubuh tidak bertenaga. Malahan bisa membuat metabolisme berjalan lebih lambat dan keinginan untuk makan sangatlah besar.

Makanlah makanan rendah kalori atau batasi kalori yang diasup. Dengan begitu kalori yang dikonsumsi hanya akan dimanfaatkan menjadi energi. Sehingga tubuh terus bertenaga, dan tentunya tidak menyebabkan tumpukan lemak.

3. Cukup minum

Minumlah air putih yang cukup, karena bisa membantu mengecilkan perut dengan cara melancarkan pencernaan.

4. Hindari alkohol

Minum alkohol, apalagi jika itu berlebihan, bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, konsumsi alkohol bisa memicu resiko obesitas sentral atau kegemukan di daerah perut.

5. Batasi gula

Gula mengandung fruktosa yang banyak dihubungkan ke berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2, jantung, dan kegemukan. Membatasi asupan gula akan sangat membantu mengurangi penumpukan lemak di perut.

6. Perbanyak makanan berserat

Serat membantu penyerapan glukosa sehingga gula yang masuk ke dalam sel-sel darah akan melambat dan menjaga stabilitas gula darah pada taraf normal.

Serat juga membuat proses makanan dalam sistem pencernaan lebih lambat, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Serat dapat dijumpai pada makanan yang berasal dari tumbuhan, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

7. Konsumsi lemak sehat

Tidak semua lemak berakibat buruk bagi kesehatan. Lemak merupakan sumber energi kedua selain karbohidrat. Tubuh pun sebenarnya butuh lemak, senilai 30% dari kebutuhan kalori harian.

Lemak sehat dapat Anda temukan dalam kacang-kacangan, ikan laut, minyak zaitun, alpukat, dll. Namun, perlu diingat, meskipun lemak sehat tetap saja tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

8. Perbanyak aktivitas fisik

Agar bisa membakar lebih banyak kalori setiap harinya, perbanyaklah aktivitas fisik. Misalnya, memilih naik tangga dibanding naik lift. Kalau bisa jalan ya tidak perlu naik ojek, dll.

9. Olahraga pagi

Olahraga di pagi hari sangat baik buat tubuh. Bukan hanya bisa membuat segar dan bugar, juga dapat membantu mengurangi lemak di perut.

Tidak perlu olahraga yang berat kalau tidak sanggup. Cukup jogging atau lari kecil selama 30 – 45 menit setiap pagi.

10. Tidur yang cukup

Ini kedengarannya sepele. Tapi kenyataannya, tidur ini sangat penting artinya bagi kesehatan termasuk berat badan. Riset menunjukkan bahwa orang yang tidak cukup tidur cenderung mengalami kenaikan berat badan, termasuk di dalamnya lemak perut.

11. Konsumsi protein

Protein adalah nutrisi yang penting bagi penurunan berat badan. Banyak studi menunjukkan bahwa orang cukup mengkonsumsi protein memiliki lemak perut yang sedikit dibanding yang tidak.

Asupan protein bisa meningkatkan pelepasan hormon kenyang, yang menurunkan keinginan makan dan rasa kenyang lebih lama.

12. Hindari roti putih

Roti putih mengandung karbohidrat yang tinggi. Menghindarinya berarti memangkas cukup banyak kalori ke dalam tubuh.

13. Minum teh hijau

Khasiat teh hijau dalam menurunkan berat badan dan melunturkan lemak perut sudah lama terkenal. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) dan kafein dalam teh hijau bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, proses pembakaran kalori pun jadi meningkat.

14. Jauhi minuman bersoda

Minuman bersoda biasanya dibuat dengan kandungan gula yang sangat tinggi. Makanya, jika ingin mengurangi lemak di perut sebaiknya menjauhi minuman bersoda.

15. Latihan kardio

Latihan kardio adalah cara efektif untuk meningkatkan kesehatan dan membakar kalori. Untuk hasil optimal tentu harus dilakukan secara reguler dengan intensitas yang terus ditingkatkan sesuai dengan kemampuan.

Demikianlah 15 cara mengurangi lemak di perut yang mudah-mudahan jika dipraktekkan bisa membantu Anda meraih bentuk perut idaman Anda. Selamat mencoba…

Artikel Terkait:

Tips Diet Sehat dengan Buah untuk Membakar Lemak Foto : hyena reality / FreeDigitalPhotos.net Tahukah Anda, buah-buahan memiliki peran yang cukup penting bagi tubuh kita? Ya, selain kaya akan nut...
Benarkah Puasa Dapat Menurunkan Berat Badan? Jika Anda sedang berada di sebuah misi untuk menurunkan berat badan, maka Anda mungkin pernah mencoba beberapa metode untuk menyingkirkan kelebihan le...
Cara Efektif Turunkan Berat Badan Di Usia 30 Tahun... Cara efektif turunkan berat badan ini sangat dianjurkan, terutama cocok buat Anda yang sudah menginjak usia di atas 30 tahunan. Saran mengenai cara...