Apa sebenarnya olahraga untuk mengecilkan perut buncit secara efektif? Mungkin saat ini Anda sudah melakukan olahraga tapi hasilnya belum memuaskan. Nah, itu artinya olahrga yang Anda lakukan bisa saja salah prosedur atau tidak tepat sasaran.

Olahraga yang secara khusus membuat perut langsing adalah yang membentuk perut. Menurut sebuah studi tahun 2011, jika Anda bisa melatih otot perut Anda, maka kekuatan daya tahan dan kekuatan otot akan semakin baik.

Efeknya, perut menjadi langsing dan rata. Namun, semua harus dilakukan dengan metode yang benar dan aman. Agar latihan perut yang Anda lakukan benar-benar tepat sasaran, berikut gerakan dan langkah-langkahnya.

Konsep Latihan Otot Perut

Apa saat ini Anda melakukan olahraga sit-up untuk melatih otot perut? Nah, menurut Craig Liebenson (2008), sit-up merupakan metode yang salah jika Anda ingin mengecilkan perut buncit. Konsep yang benar adalah yang tidak mencederai tulang belakang.

Konsep dari olahraga untuk mengecilkan perut buncit kali ini mengutamakan pengulangan, konsistensi, dan keteraturan dalam mempraktekkan. Gerakannya aman dan mudah dilakukan. Berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Latihan Otot Perut

Sebelum memulai, bacalah terlebih dahulu semua tahapan berikut ini. Semua proses harus dilakukan sesuai prosedur.

Pemanasan

cat camel exercise

Cat camel – Foto dari myhealthteam.com.au

Langkah pertama ini hukumnya wajib. Anda hanya perlu melakukan gerakan cat-camel 8-10 kali.

Side Bridge

Side bridge exercise

Side bridge – Foto dari indianworkouts.com

Langkah kedua ini merupakan latihan yang berkonsentrasi pada gerakan pinggul dan lutut tertekuk. Gerakan ini tidak akan membuat tulang belakang beresiko karena hanya memanfaatkan pinggul saja.

Bird Dog

Bird dog exercise

Bird dog – Foto dari uk.pinterest.com

Caranya, tegakkan tulang belakang Anda pada posisi normal. Kaki kanan dan lengan kiri diangkat secara bersamaan. Lalu, kembali pada posisi semula.

Dying Bug

Dying bug exercise

Dying bug – Gambar dari researchgate.net

Langkah selanjutnya dalam olahraga untuk mengecilkan perut buncit adalah dying bug. Caranya, berbaringlah di atas tikar atau matras. Tekuk kedua lutut Anda hingga 90, sementara tangan lurus ke atas sehingga membentuk sudut 90 terhadap perut. Kemudian, sentuh lutut kanan dengan tangan kiri, sementara tangan dan kaki yang lain tetap pada posisi semula.

Lalu, angkat tangan kiri Anda sehingga kedua tangan sejajar dengan posisi kepala, turunkan kaki sampai menyentuh lantai. Kemudian, lakukan hal yang sama tapi sekarang tangan kanan dan lutut kiri. Lakukan secara bergantian.

Tips Sukses Olahraga Agar Perut Buncit

Berdasarkan latihan otot perut di atas, ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan agar latihan tersebut berhasil. Pertama, semua langkah-langkah tersebut harus dilakukan secara berurutan  dan dilakukan berulang. Untuk pertama kali latihan, Anda bisa melakukan 1 set diulang 6x, kemudinan dilanjutkan dengan 1 set diulang 15x.

Nah, pernafasan juga diatur agar ketahanan meningkat. Anda cukup melakukan latihan tahan nafas selama 6-10 detik setelah bernafas normal 1-2 kali. Agar olahraga untuk mengecilkan perut buncit ini tidak menimbulkan cidera, semua gerakan harus dilakukan secara perlahan dengan bentuk sesuai anjuran.

Rutinitas juga penting agar hasilnya maksimal. Luangkan waktu Anda dan lakukan langkah-langkah di atas paling tidak dua kali sehari. Terakhir, konsistensi sangat diperlukan. Dibutuhkan latihan teratur selama 3 bulan untuk menunjukkan perut rata dan langsing.

Kenapa harus tiga bulan? nah, menurut penelitian Stephen H. Boutcher pada tahun 2011 lalu, dengan latihan otot perut yang intensif dan intermitten selama 3 bulan, lemak perut dan lemak subkutan bisa dihilangkan secara signifikan. Perut buncit akan hilang dan berat badan Anda akan kembali normal. Jadi, semua perlu waktu dan konsistensi Anda dalam mempraktekkan olahraga untuk mengecilkan perut buncit, baik itu konsepnya dan langkah-langkahnya.

Artikel Terkait:

4 Cara Mengecilkan Perut Buncit Memiliki perut buncit memang menjadi masalah tersendiri. Selain masalah penampilan yang sering menjadi keluhan, kadang juga muncul masalah kesehatan. ...
Tips Agar Berat Badan Tetap Ideal Foto : stockimages / FreeDigitalPhotos.net Mencapai berat badan yang ideal merupakan usaha yang harus dilakukan secara perlahan dan konsisten sert...
Oops, Bad News Sosodara! Gawat... sungguh gawat! Anda mungkin pernah membaca tulisan saya terdahulu, tentang keberhasilan saya sebagai pengelola blog ini menurunkan berat b...