Anda yakin sarapan Anda memang benar-benar sarapan yang baik untuk diet Anda? Coba sekarang Anda amati apa kandungan gizi paling banyak dari sarapan Anda, apakah lebih banyak mengandung karbohidrat, lemak atau protein.

Kalau Anda sedang menjalankan program diet tapi sampai hari ini tidak ada hasil yang signifikan yang bisa Anda rasakan, maka bisa jadi, kandungan gizi dari sarapan Anda tidak mendukung program diet Anda. Lalu, kandungan gizi apa yang baik untuk diet?

Fakta tentang Sarapan Penunjang Diet

Sebuah penelitian paling mutakhir membeberkan fakta yang menarik. Ternyata, sarapan yang paling baik untuk program diet menurunkan berat badan mengandung protein tinggi dan kandungan susu seperti yogurt dan smoothies. Protein yang juga sebagai zat pembangun memiliki kemampuan mengatur kadar glukosa dalam darah serta memenuhi kebutuhan nutrisi Anda sehari-hari.

Penelitian mengenai sarapan yang baik untuk diet ini dilakukan oleh tim peneliti Tel Aviv University. Mereka meneliti efektifitas sarapan yang mengandung karbohidrat dan protein dengan kadar berbeda-beda terhadap penurunan berat badan.

Penelitian tersebut menggunakan tiga pembanding, yaitu (1) sarapan dengan kandungan protein yang tinggi, termasuk sarapan dari susu, (2) sarapan dari protein dari bahan telur, ikan tuna dan kedelai, dan (3) sarapan dengan kandungan karbohidrat yang biasa. Bagaimana hasil penelitian setelah tiga minggu dilakukan sarapan dengan kandungan tersebut di atas?

sarapan yang baik untuk diet

Foto dari pexels.com

Protein dari Susu, Pilihan Sarapan yang Baik untuk Diet

Hasil penelitian ini nampaknya memberikan pandangan baru tentang diet. Fakta mengatakan bahwa sarapan dengan kandungan susu paling banyak mampu menurunkan lebih dari satu stone berat badan.

Sedangkan mereka yang mengkonsumsi protein dari sumber selain susu hanya mampu menghilangkan 0,9 stone, dan mereka yang menunya banyak mengandung karbohidrat yang tradisional hanya mampu menghilangkan 0,5 stone dari berat badan.

Fakta tersebut menegaskan bahwa sarapan yang baik untuk diet adalah sarapan yang mengandung banyak protein dari susu. Hasil dari penelitian ini sekaligus mendukung penelitian yang telah diadakan sebelumnya bahwa sarapan yang mengandung banyak protein atau yang dibuat dari telur nyata-nyata mampu menurunkan berat badan karena kandungan asam amino leusin di dalamnya.

Rahasia Protein Dari Susu untuk Diet

Kenapa harus protein dari susu, bukan dari protein nabati atau lainnya? Nah, ternyata rahasianya terletak pada protein whey. Protein ini biasa kita temukan di dalam makanan berbahan dasar susu, misalnya susu dan yoghurt Yunani. Protein whey terbukti mampu menekan hormon ghrelin (hormon pembuat lapar) sehingga tidak heran Anda akan merasa kenyang sepanjang pagi.

Lalu, kenapa sarapan yang baik untuk diet dari protein whey bisa berbeda dengan sarapan dari protein lainnya? Selain karena penekanan hormon ghrelin, protein ini mengandung kadar gula lebih rendah sehingga bisa menekan naik turunnya kadar glukosa dalam darah. Hasilnya, perut selalu terasa penuh dan kenyang, dan terhindar dari rasa lelah dan lesu.

Sebaliknya, jika Anda memilih sarapan dengan kandungan karbohidrat tradisional, maka kadar gula dalam darah akan naik turun secara fluktuatif. Anda menjadi ketagihan gula dan selalu ingin makan. Hasilnya, berat badan malah naik.

Namun, bukan berarti semua makanan yang mengandung karbohidrat tinggi harus dihindari. Anda tetap harus memasukkan sereal dan roti ke dalam sarapan Anda dalam porsi yang secukupnya, dan memperbanyak asupan protein.

Mulai sekarang, Anda bisa memulai merancang sarapan Anda. Yakinkan Anda memilih sarapan dengan kadar gula rendah dan tinggi akan protein seperti telur dan yoghurt Yunani. Minuman Anda mesti diganti dengan jus berprotein whey. Itulah sarapan yang baik untuk diet Anda.

Artikel Terkait:

Cara Mengambil Manfaat Bangle Untuk Menurunkan Ber... Manfaat bangle untuk menurunkan berat badan memang belum populer, karena rempah-rempah yang satu ini belum banyak dikenal masyarakat. Tidak sedikit...
Oops, Bad News Sosodara! Gawat... sungguh gawat! Anda mungkin pernah membaca tulisan saya terdahulu, tentang keberhasilan saya sebagai pengelola blog ini menurunkan berat b...
Ciptakan Tubuh Ideal Anda dari Sekarang Siapa yang tidak ingin memiliki bentuk tubuh ideal? Pastinya semua orang menginginkan hal tersebut bukan? Tapi sayangnya tak semua orang memang dianug...