Minggu pertama ini penuh tantangan, khususnya di malam hari. Tidak heran minggu pertama ini ada beberapa malam yang tidak sesuai rencana.

Ya namanya juga penyesuaian… hehehe. Alhamdulillah hasilnya menggugah semangat untuk melanjutkan, walaupun terjadi kebocoran sana-sini. Jadi selama seminggu ini saya berhasil menurunkan berat badan saya 1,2 kg. Dari 95,7 kg saat mulai dan 94,5 kg di akhir minggu.

Weight Loss Canvas – Minggu 01

Satu minggu ini ada beberapa pelajaran yang bisa saya ambil, paling tidak buat perbaikan di minggu-minggu berikutnya.

Kalau pagi berjalan baik, kecenderungannya akan berjalan sesuai rencana hingga malam. Karena kalau pagi sudah tergoda dengan makanan, seakan-akan ada alasan untuk makan hingga malam.

Kalaupun pagi tidak sesuai rencana, maka yang perlu diperkuat lagi adalah kemampuannya untuk mengambil keputusan yang baik di waktu-waktu berikutnya. Agar kalau ada asupan yang berlebih di satu waktu tidak diperparah di kesempatan lainnya.

Ini yang masih kurang. Sudah pagi makan gorengan, siang makan juga, malam ditambah lagi. Karena muncul anggapan di benak saya, “Ah sudahlah hari ini hancurin aja semua. Besok baru dibenarkan lagi.”

Tantangan lainnya adalah kadang-kadang tergoda makan malam, meskipun ada buah. Melihat hidangan di meja makan kadang-kadang semua rencana terlupakan. Apalagi kalau ada makanan favorit, seperti ketan dalam bentuk lemang. Implementation intention-nya harus betul-betul dilaksanakan agar willpowernya semakin kuat.

Untuk minggu depan, ada satu hal yang ingin saya tambahkan yaitu gula darah puasa di bawah 110 mg/dl. Ini akan saya ukur dua atau tiga kali seminggu.

Weight Loss Canvas – Minggu 02

Better living, better health, better future.

Jakarta, 22/07/2018
Mr. KS

Artikel Terkait:

Kenapa Saya Belum Berhasil Mencapai Berat Badan Id... Sumber foto makassarguide.com Tadi pagi saya sarapan seporsi nasi kuning ditambah satu gorengan tahu isi. Seharusnya saya tidak melakukan itu. ...
Oops, Bad News Sosodara! Gawat... sungguh gawat! Anda mungkin pernah membaca tulisan saya terdahulu, tentang keberhasilan saya sebagai pengelola blog ini menurunkan berat b...
Minggu Keempat: Berhasil Turun 1 kg dalam 5 Hari Minggu keempat ini saya potong menjadi 5 hari saja untuk memudahkan saya berhitung dan update perkembangan ke blog ini. Saya putuskan memulai perhitun...